Minggu lalu

Minggu lalu,

Mungkin tidak banyak yang mengikuti piala dunia u-20 di Selandia Baru beberapa waktu lalu, kalau saja Indonesia, Evan Dimas dkk bisa sampai ke semifinal piala Asia U-19 lalu, bisa saja banyak yang akan mengikuti update kegiatan tersebut, tapi kelihatannya tidak. Bagi yang tidak mengikuti, sebagai informasi saja bahwa yang juara pada kegiatan tersebut adalah tim u-20 Serbia,

berikut foto mereka ketika diarak menuju pesta penyambutan.

ss

well, walaupun Indonesia tidak juara…

setidaknya negeri dimana saya menginjakan kaki sekarang yang jadi juaranya 🙂 , gimana ya rasanya kalau yang di atas bis itu tim yang dulunya dilatih Indra syafri.

Hari itu, minggu lalu, sebenarnya perpisahan musim semi menjelang musim panas, sayang musim gugur juga ikut diundang pada perpisahan tersebut jadinya sore itu kaos oblong tidak mencukupi buat cuaca dan tiupan angin senja itu, dan malamnya sampai di rumah menggigil, musim panas 14 derajat. Cuaca benar-benar tidak menentu.

Besoknya, masih dari minggu lalu, anginnya masih kencang, badan masih panas dingin jadi waktu keluar pakai jaket tipis, bawa ransel penuh, ketemu polisi,

azilant? lična karta?

pencari suaka? ktp?

duh pak pol…kalau pencari suaka jangan diajak bahasa Serbia atuh…tidak mengerti mereka

ne

bukan

temannya datang saat saya sedang menunjukan paspor dan kartu mahasiswa, temannya lihat kartu mahasiswa dan polisi pertama lihat paspor, temannya selesai, polisi yang pertama masih sibuk bolak-balik paspor. Emang ya,..kalau paspor Indonesia itu data-datanya ada di halaman pertama beda dengan paspor negara lain yang mungkin selama ini ditemui si pak pol, dimana datanya ada di belakang cover depan paspor, mana doi ga mau nanya lagi, padahal temannya yang sudah selesai dengan kartu mahasiswa udah bilang.

pusti ga

biarkan dia pergi

kasihan

na prvoj strani

di halaman pertama

saya tahu apa yang dicari, polisi itu kemudian melihat halaman pertama, ngangguk-ngangguk, kemudian menyerahkan paspor tidak sampai semenit kemudian.

izvini

maaf

azil

sumber gambar

memang dandanan saat itu seperti para pencari suaka yang sebagian besar berasal dari negara konflik Suriah, Irak dll, yang kabur dari negaranya karena situasi yang tidak kondusif di negaranya dan beremigrasi ke negara-negara Eropa dengan tujuan utama mereka adalah negara Uni Eropa. Sebagian besar hanya bawa barang seransel dan pakai jaket tipis persis seperti yang dikenakan saat itu. Meninggalkan semua, semuanya. Makanya, berharap jangan sampai konflik di Indonesia, kemana kita akan kabur, ke laut?

Kita satu saja, Indonesia saja, bagaimana?

Itu saja, minggu lalu.

Advertisements

7 thoughts on “Minggu lalu

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s