Belajar Bahasa Online Yuukk…!!! (Saya Rekomendasi Duolingo)

Buat yang mempunyai keinginan untuk belajar bahasa namun memiliki kendala keterbatasan waktu, tidak ada salahnya mencoba beberapa di antara berbagai macam situs online untuk belajar bahasa, yang bisa dilakukan kapan dan di mana saja. Karena saat ini selain versi web mereka juga menyediakan versi mobile-nya yang dapat diakses dengan mudah melalui smartphone.

Situs-situs tersebut dirancang semenarik mungkin untuk proses belajar seperti reading, writing, listening dan speaking  sehingga kegiatan belajar jadi terasa menyenangkan selain itu juga bisa berinteraksi dengan anggota dari berbagai belahan dunia serta bisa bertanya langsung kepada native speaker melaui forum diskusi atau chatting.

Berikut adalah empat situs belajar bahasa yang bagus saat ini menurut pendapat saya :

1. Busuu

busuu

Situs belajar bahasa online ini  terstruktur dengan baik mulai dari A1 sampai dengan B2 (Standar belajar bahasa di Eropa) selain itu juga ada travel course dan business course. Pada akhir pembelajaran nanti juga ada level test dan bisa medapatkan sertifikat, namun untuk mendapatkan full acces kita harus membayar sesuai pilihan perbulan, per enam bulan, per tahun atau per dua tahun. Silahkan untuk informasi lebih lanjut busuu.com

2. Babbel

babel

Hampir sama dengan Busuu, sangat sedikit fitur yang bisa dinikmati jika belum menjadi anggota premium Babbel. Akan tetapi nilai yang akan didapatkan rasanya cukup sesuai dengan harga yang akan dibayarkan. Menurut situs tersebut, Kanselir Jerman,  Angela Merkel salah satu user-nya lho. Babbel.com

3. Memrise

memrise

Saat pertama kali mencoba menggunakan situs ini, terasa Memrise tidak begitu terstruktur dengan baik sebagaimana babbel dan busuu. Ini mungkin karena banyaknya user yang berkontribusi memberikan material untuk bahan atau bahasa yang mereka kuasai. Akan tetapi staf memrise sendiri menyediakan material dasar untuk belajar bahasa tertentu dan setelah itu kita akan belajar dan saling mengajarkan. Situs ini juga menyediakan keanggotan premium, dimana kelebihan menjadi anggota premium adalah memrise akan menganalisa data belajar dan berdasarkan data tersebut memrise akan memberikan panduan bagaimana cara belajar yang paling optimal untuk masing-masing kita.

4. Duolingo

Sebenarnya sudah berniat untuk menyisihkan sedikit tabungan untuk busuu atau babbel, tapi sebelum hal itu terjadi ketemu duolingo yang katanya “belajar bahasa dengan gratis selamanya”. Dan ternyata memang gratis sampai sekarang setelah beberapa hari belajar belum ketemu tulisan premium 🙂

duo lingo

Bagusnya lagi situs ini terorganisir dengan baik untuk proses belajarnya.

terstruktur dengan baik

listening, reading dan speaking

Speaking

writing dan reading

writing

Tips & Notes (Materi)

tip and notes

Tapi sayang untuk kursus dengan pengantar Bahasa Indonesia baru ada satu kursus yaitu Bahasa Inggris. Kita sebagai user juga bisa berkontribusi dalam jika menguasai bahasa tersebut, namun di sini kita harus mengajukan diri terlebih dahulu, selanjutnya Duolingo akan menilai apakah kita layak sebagai kontributor atau tidak. Jika layak, selanjutnya akan menyusun kursus yang diusulkan bersama anggota tim lainnya.

Jadi buat yang ingin belajar bahasa dan tidak punya banyak waktu untuk pergi ke tempat kursus, atau tidak ada kursus bahasa yang ingin dipelajari di daerahnya tidak ada salahnya untuk mencoba salah satu dari situs ini. Bisa juga sebagai pengisi waktu luang yang dihabiskan saat menunggu atau sedang dalam perjalanan di bis, kereta dll.

Advertisements

20 thoughts on “Belajar Bahasa Online Yuukk…!!! (Saya Rekomendasi Duolingo)

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s