Bukan Tentang 17 Agustus

Maaf Indonesiaku belum satu pun yang aku berikan untuk negeriku
Kecuali selamat ulang tahun,
yang..
Aku bahkan tidak tahu ini ulang tahunmu yang ke berapa

Apa rupanya yang akan dikatakan pemuda seumuranku yang hidup dan berjuang bersama-sama untukku saat ini berpuluh tahun yang lalu
Apa yang akan dikatakannya, apa yang akan mereka katakan?

Tidak ada, mereka sudah mati
Mereka tidak bisa berkata-kata lagi
Mana ada mayat yang bisa berbicara
Kecuali nabi Isa datang dengan mukjizat dari Tuhan

Hari ini tanggal merah 17 Agustus
Apa artinya?

hari yang penting,

aku sudah latihan berbulan-bulan tidak masuk sekolah
untuk tampil beberapa jam di Istana atau alun-alun kota
untuk belok kiri, belok kanan, hadap kiri, hadap kanan, buka barisan,tutup barisan
dan ini adalah hari yang penting, karena aku penggerek bendera

aku bisa melepaskan penatku sejenak, dari pekerjaanku

aku bisa jalan-jalan bersama teman-temanku, mumpung lagi libur

aku bisa jalan dengan kekasih tersayang keliling kota, berdua saja

ah hari ini penting karena tentang aku..
bukan tentang 17 Agustus.

 

 

Leave a Reply

